Selasa, 29 Juni 2010

Kala Dunia Tak Lagi di Hati

seorang sufi bercerita tentang perjalanan jiwanya. dia berkata, "hatiku pernah gelisah memikirkan lima perkara sehingga aku sibuk mencari jawabannya. ternyata aku mendapatkannya dari lima perkara pula. pertama, aku mencari berkah dalam mengejar keperluan hidup. aku menemukannya saat aku melaksanakan shalat Dhuha. kedua, aku mencari penerang bagi alam kuburku. aku menemukannya saat aku melakukan shalat malam. ketiga, aku mencari jawaban untuk Munkar dan Nakir. aku menemukannya saat membaca Al Quran. keempat, aku mencari alat berpaut saat meniti shiratal mustaqim. aku menemukannya saat aku berpuasa dan bersedekah. kelima, aku mencari naungan Arasy. dan aku menemukannya saat aku mengasingkan diri dan beribadah kepada Allah. sekarang hatiku bisa beristirahat dengan tenang."